Kenali Jenis - Jenis Penyakit Hernia

12.19 Wulan 0 Comments



Penyakit Hernia adalah sebuah kondisi medis dimana terjadi perpindahan salah satu organ tubuh yang berada di tempat tertentu ke tempat lainnya. Kondisi seperti ini biasanya terjadi pada daerah usus, lipatan paha, dll. Namun yang paling sering adalah turunnya buah zakar, hingga penyakit seperti ini lebih dikenal dengan sebutan turun berok. Penyakit sepeti ini paling sering dialami oleh pria dewasa, akan tetapi tidak menutup kemungkinan penyakit ini juga menyerang para wanita dan juga anak-anak dengan kondisi tertentu. Penyakit ini tidak hanya 1 macam, akan tetapi dibagi menjadi beberapa kategori, seperti:

Berdasarkan proses terjadinya penyakit Hernia

Hernia congenital / bawaan
Penyakit hernia bawaan terjadi ketika seorang menderita penyakit ini sejak kecil. Penyakit ini diakibatkan oleh ketidak sempurnanya procesus vaginalis untuk menutup permukaan kulit ketika testis turun.

Hernia akuisita / bukan bawaan
Bukan bawaan, atau penyakit yang terjadi sejak anak-anak. Kondisi seperti ini terjadi karena  adanya tekanan yang terlalu tinggi dari bagian perut, hal ini biasanya terjaid karena faktor usia yang membuat otot dinding bagian perut melemah.

Berdasarkan letak Hernia


Hernia Insisi
Kondisi ini terjadi, ketika ada beberapa jaringan yang muncul melalui luka bekas operasi di abdomen yang belum sembuh.

Inguinalis
Jenis seperti ini banyak dialami oleh para pria, dan istilah yang paling sering digunakan untuk penyakit ini adalah turun berok. Seseorang yang mempunyai penyakit ini akan mempunyai benjolan, pada bagian perut atau di selakangan. Pasien yang mempunyai penyakit tersebut akan merasa sakit ketika berjalan, atau belakukan beberapa aktifitas tertentu. Penyakit seperti ini biasanya disebabkan oleh batuk, obesitas, angkat beban dan juga konstipasi.

Umbilicus
Penyakit ini terjadi ketika beberapa jaringan lemak atau juga sebagian usus keluar dari abdomen dan menonjol ke daerah pusar.

Hernia hiatus
Kondisi ini terjadi ketika ada salah satu bagian perut yang masuk melalui celah diafragma hingga masuk ke dalam rongga dada.

Hernia femoralis
Yang dimaksud dengan hernia femoralis adalah sebuah kondisi dimana terdapat jaringan lemak atau bahkan sebagian usus yang mencuat ke bagian paha bagian atas atau ke daerah selakangan.

Hernia Spigelian
Kondisi ini terjadi ketika sebagian usus keluar dari abdomen di bagian otot perut bagian samping, kemudian mencuat ke bawah pusar.

Hernia epigastrik
Kondisi seperti ini terjadi karena adanya jaringan lemak yang keluar dari andomen hingga ke antara pusar dan tulang dada di bagian bawah.

Hernia otot
Adalah sebuah kondisi dimana sebagian otot keluar hingga bagian abdomen. Jenis seperti ini biasanya sering terjadi pada otot kaki akinat cidera saat berolahraga.

Berdasarkan sifat Hernia

 

Reponibel
Penyakit Hernia reponibel dapat terjadi ketika isi hernia keluar atau masuk dalam jangka waktu yang singkat. 

Hernia irreponibel
Adalah sebuah kondisi ketika isi kantung hernia, tidak dapat dikembalikan ke tempat semula.

Strangulata
Ini adalah sebuah rasa nyeri, rasa ini terjadi ketika pembuluh darah terjepit.

Incarserata
Adalah tanda obsruktif, dimana pasien tidak dapat buang air kecil atau tidak dapat buang air besar, atau nyeri ketika buang angin.

Hernia akreta
Adalah sebuah kondisi ketika pasien tidak mengelukan rasa nyeri atau tidak ada sumbatan pada usus akibat penyakit ini. Penyakit Hernia ini mungkin terbilang tidak berbahaya, namun alangkah baiknya jika terjadi gejala, lekas diobati, untuk mencegah jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sekarang anda sudah taukan Jenis - Jenis penyakit hernia berdasarkan letak dan proses terjadinya, untuk menambah pengetahuan anda sebaiknya baca juga cara mengobati hernia pada artikel lainya.



0 komentar: